banner 728x250

45 Anggota DPRD OKI, Masa Bhakti 2024-2029 Resmi Di Lantik

Pelantikan 45 Anggota DPRD OKI Resmi Dilanti

OKI, KONTRASNEWS.Com – Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera-Selatan (Sumsel) masa bhakti 2024-2029 resmi dilantik dan diambil janji sumpah jabatannya, bertempat di ruang rapat paripurna DPRD OKI, Rabu (18/9/2024).

Adapun anggota DPRD Kabupaten OKI yang dilantik dan diambil janji sumpah jabatannya terdiri dari daerah pemilihan (dapil) OKI 1 (Kecamatan Kayuagung) dengan 5 kursi, yakni Mahyudin (PKB), Bakri Tarmusi (Golkar), Sandra Atika (PKS), Taufan Rekayasa Putra (PAN) dan Bambang Irawan (Demokrat).

Dapil OKI 2 (Kecamatan SP Padang, Jejawi dan Pampangan) sebanyak 7 kursi, anggota DPRD yang dilantik adalah Kenedi (PKB), Feri Indratno (Gerindra), Febriansyah Wardana (PDIP), Reno (PDIP), Edi Heriyanto (Golkar), Yusmin (PAN) dan Bayu Apriansach (Demokrat).

Dapil OKI 3 (Kecamatan Pangkalan Lampam, Tulung Selapan dan Air Sugihan) sebanyak 6 kursi, terdiri dari Suryanto (PKB), Pario Sagibran (PDIP), Sugeng (Golkar), Syaryadi (Nasdem), Depit (Hanura) dan Budiman (PAN).

Dapil OKI 4 (Kecamatan Sungai Menang dan Cengal) 4 kursi yaitu, Ketut Ridwan (PKB), Nanda SH (Gerindra), H. Bobi SH (Nasdem) dan Alek Trisuyatno (Hanura).

Dapil OKI 5 (Kecamatan Mesuji Makmur, Mesuji dan Mesuji Raya sebanyak 8 kursi, antara lain Farid Hadi Sasongko (PKB), M. Mustamar (Gerindra), Gede Aryawan (PDIP), Marzuki (Golkar), M. Reki (Nasdem), Bangsawan SE (PKS), Aguscik (PAN) dan Dani Sukisno (Demokrat).

Dapil OKI 6 (Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya sebanyak 8 kursi, yakni RA. Lutfiyatunnada Purwaningrum (PKB), Maryani (Gerindra), Gede Suwardi (PDIP), Kadek Rudi Sagita (PDIP), Adi Atma Wijaya (Golkar), H. Agustam (Nasdem), Doddy Primadona Mulia (Hanura) dan Wayan Sude Dewa Eka (Demokrat).

Dapil OKI 7 (Kecamatan Tanjung Lubuk dan Teluk Gelam) 3 kursi, yaitu Mustar (Gerindra), Mukhlis (Hanura) dan Chandri Puspitasari (Demokrat).

Dapil OKI 8 (Kecamatan Pedamaran dan Pedamaran Timur 4 kursi, yaitu Ayu Monaria (PKB), Tri Susanto S.Pd M.Si (Gerindra), Mujarokib (Golkar) dan Iman Zikri (Demokrat).

Dari 45 kursi DPRD Kabupaten OKI masa bhakti 2024-2029, dapat diketahui bahwa partai politik yang memperoleh kursi terbanyak adalah PKB 7 kursi, PDIP 6 kursi, Gerindra 6 kursi, Demokrat 6 kursi, Golkar 6 kursi, PAN 4 kursi, Nasdem 4 kursi, Hanura 4 kursi dan PKS 2 kursi.

Ketua DPRD OKI periode 2019-2024, Abdiyanto, SH yang dipercaya memimpin rapat paripurna kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD OKI, mengimbau para dewan yang baru dilantik untuk tidak terburu-buru menggadaikan SK ke Bank untuk mendapatkan pinjaman.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati OKI Asmar Wijaya menekankan bahwa pemilihan anggota DPRD melalui pencalonan partai politik, tentu memiliki perbedaan dengan pemilihan kepala daerah yang dimungkinkan calonnya maju dari jalur perseorangan.

Kondisi ini, jelas Asmar, menciptakan kondisi dimana anggota DPRD memiliki ikatan yang sangat kuat, sebagai perpanjangan tangan dari partai politik.

“Namun demikian, yang perlu digaris bawahi bahwa sebesar apapun kepentingan partai politik asal saudara sekalian, hendaknya tempatkanlah kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Dan dalam menjalankan tugas, saudara diawasi oleh penegak hukum serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP dan sebagainya,” terang dia.

Asmar juga mengingatkan bahwa DPRD merupakan mitra kepala daerah dalam mengefektifkan pemerintahan, agar ada kesinambungan antar lembaga.

“Pola kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah bersifat check and balance, untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah sehingga tercipta kesinambungan pemerintahan daerah,” ujar Asmar membacakan sambutan Mendagri Tito Karnavian.

Dalam kesempatan tersebut, Asmar juga mengapresiasi hasil Pemilu 2024 yang berjalan lancar beberapa waktu lalu. Itu, kata dia, berkat dukungan seluruh pihak, terkhusus penyelenggara, pemda, KPU, pihak keamanan dan seluruh elemen masyarakat.

“Kita patut berbangga, nilai demokrasi indonesia berjalan tertib dan lancar saat Pemili, serta partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak konstitusionalnya,” Ucapnya.

Asmar jugaengajak DPRD OKI turut mensukseskan Pilkada serentak pada bulan November mendatang.

Suksesnya Pilkada 2024 jadi tolak ukur suksesi Pilkada serentak. Dan DPRD dalam hal ini memberikan dukungan dan kebijakan,” Tutupnya.

 

(Mael)