banner 728x250

Debat Perdana 4 Paslon Bupati Cilacap

4 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cilacap saat debat terbuka di Hotel Aston Inn Cilacap, Rabu (16/10/2024)

CILACAP-KONTRASNEW.com – Bertempat di Hotel Aston Inn Cilacap,Rabu  ( 16/10/2024) Empat pasangan calon (Paslon) calon Bupati dan Wakil Bupati yang bakal bertarung di Pilkada Cilacap 2024 beradu gagasan dalam acara debat terbuka yang digelar oleh KPU Kabupaten Cilacap.

Debat terbuka diikuti oleh empat pasangan calon yakni Paslon nomor urut 1 Setyo Budi Wibowo dan Fahrur Rozi, lalu Paslon nomor 2 Imam Tobroni dan Mochamad Sonhaji Imron. Kemudian Paslon nomor 3 Syamsul Auliya Rachman dan Ammy Amalia Fatma Surya, dan Paslon nomor 4 Awaluddin Muuri dan Vicky Veranita Yudhasoka.

Debat terbuka ini juga dihadiri oleh jajaran Bawaslu, Forkopimda, OPD terkait, Pimpinan Partai dan 50 orang pendukung masing-masing paslon.

Selain itu KPU selaku penyelenggara juga  menghadirkan 5 orang panelis yang terdiri dari unsur akademisi, tokoh masyarakat dan profesional. Kemudian satu orang moderator yang memandu jalannya acara.

Jalannya debat dimulai dengan penyampaian visi misi dan program kerja masing-masing pasangan calon (Paslon). Kemudian untuk babak kedua terkait pendalaman visi misi dan program kerja. Pada babak kedua ini, paslon menjawab dan saling menanggapi pertanyaan yang diundi oleh panelis.

Untuk babak ketiga, masing-masing Wakil Bupati menjawab dan saling menanggapi pertanyaan yang diundi panelis. Selanjutnya untuk babak keempat dan kelima tanya jawab dan sanggahan antar Paslon, baik Calon Bupati dan Wakil Bupati. Dan babak keenam adalah pernyataan penutup masing-masing Calon Bupati.

Dari jalannya debat, pada babak tanya jawab dan sanggahan pasangan calon menghangatkan suasana, terlebih para pendukung yang hadir terus saling menyahut saat masing-masing calon saling menyanggah.

Selain visi misi, masing-masing calon juga menonjolkan program kerja unggulan, misalnya dari Paslon SBW – Rozi mengusung slogan Cilacap Mantap. Salah satu program unggulannya yakni menyediakan internet gratis bagi masyarakat.

Sementara itu, untuk Paslon nomor 2 Imam – Sonhaji mengusung slogan mewujudkan Cilacap yang maju ISTIMEWA. Arti ISTIMEWA (iman, sehat, tertib, inspiratif, melayani, dan berwibawa).

Ada 7 program prioritas Imam-Sonhaji dalam Sapta Karya di antaranya ketahanan pangan, pendidikan gratis, UMKM naik kelas, KTP mudah, pengobatan gratis dan sebagainya.

Untuk Paslon nomor 3 Syamsul – Ammy memiliki visi mewujudkan Cilacap Maju dan Besar. Salah satu programnya yakni meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) tanpa membebani masyarakat.

Paslon representasi anak muda ini juga memiliki program unggulan lain di antaranya kemudahan izin investasi dan memperhatikan pelaku UMKM dengan program tekani tukoni.

Sedangkan untuk Paslon nomor 3 Awal – Vicky Shu mengusung visi mewujudkan Cilacap maju dan lebih bercahaya. Paslon ini memiliki 3 program prioritas yaitu PBB gratis, pendidikan gratis dan kesehatan gratis.

“Secara umum acara debat berjalan dengan baik, namun masih ada catatan yang perlu dievaluasi, misalnya waktu yang telah di tentukan 180 menit ternyata melebihi, ini yang perlu kami evaluasi, yang pertama tentunya peran moderator dalam membatasi disiplin waktu,” ungkap Weweng Ketua KPU Cilacap.

Ia juga menyebutkan bahwa evaluasi ini nantinya utk memperbaiki pelaksanaan debat kedua ,yang diagendakan akan dilaksankan pada 30 oktober 2024.

 

(Sarwo M)